14 Feb 2012

Bahkan Cokelat, Semakin Gelap Warnanya Semakin Baik

Bahkan Cokelat, Semakin Gelap Warnanya Semakin Baik

      Siapa yang tak kenal cokelat, makanan popular selama berabad-abad. Akhir-akhir ini coklat semakin menggiurkan dengan beraneka bentuk yang menarik. Apalagi sebuah penemuan menyebutkan bahwa cokelat mengandung antioksidan yang sangat kuat, satu set flavonoida yang bernama catechin. Ini senyawa serupa yang membuat teh memiliki kekuatan antioksidan. Tapi tidak setiap cokelat memiliki kandungan yang sama.
     Cokelat hitam paling banyak mengandung senyawa yang biasa disebut dengan cairan cokelat, pasta cokelat kental yang terbuat dari kacang kokoa murni. Setidaknya 35% cokelat hitam –kadang sampai 75%- mengandung cairan cokelat ini. Kedua, cokelat susu minimal mengandung 10%-nya. Kokoa panas memiliki kandungan terkecil karena telah banyak ditambahi cairan. Cokelat putih tidak memiliki kandungan antioksidan. Cokelat jenis ini dilabeli kata “cokelat” karena mengandung mentega kokoa, lemak dari kacang kokoa. Makin banyak biji aslinya, semakin baik mutu cokelat itu.
     Jangan senang dulu. Cokelat memiliki banyak kandungan lemak dan gula. Sebaiknya kita tidak mengkonsumsi lebih dari satu batang coklat setiap minggunya. Seperti yang telah banyak diketahui, terlalu banyak mengkonsumsi lemak dan gula dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar